Vivi Effendy, Sering Lihat tapi Siapa Sih?

Nama: Vivi Effendy

Dapil: DKI Jakarta VII (Kec. Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Setiabudi dan Pesanggrahan, Jakarta Selatan)

Partai: Gerindra

Oleh Lusia Ananta

TR ID: Lusia Ananta

Gegara baca unboxing Teman Rakyat, jadi kepengen tahu juga siapa sih sebenarnya caleg-caleg yang memajang spanduk-spanduk di jalan. Gue, sebagai anak Selatan, penasaran sama satu spanduk yang udah berapa kali pemilu selalu muncul di salah satu gang rumah. 

Bukan. Bukan spanduk dengan tagline ‘Anak Selatan’, tapi spanduk sosok perempuan yang sudah beberapa kali pemilu muncul. Namanya Vivi Effendi di bawah bendera Gerindra. Saking sering lihat saban lima tahun, mukanya jadi familiar tapi tetep gak tau siapa beliau.

Plus, saat itu belum ada tim TR yang berinisiatif meng-unboxing caleg-caleg jadi gak ada keinginan buat tahu juga. Sekarang, ikutan ah. Kupas siapa gerangan sosok Vivi Effendi ini dan apa prestasinya.

What's in The Box

Nama lengkapnya sesuai dengan nama di spanduk, Vivi Effendy. Lahir di Jakarta, 9 Maret 1964. Berarti sekarang usianya 55 tahun, sudah gak muda lagi tapi semoga makin matang dalam pola pikir. Dari hasil penelusuran, pendidikan terakhirnya hanya SMEA, tepatnya di SMEA Negeri 9 Jakarta dengan status pekerjaan wiraswasta. 

Ternyata Vivi mengawali karier sebagai seorang diva dangdut di era 80-an. Gap-nya jauh ya? Pantes gue gak kenal. Tapi kalo dicari via YouTube, banyak juga tuh lagu-lagunya yang populer. Entah setelah atau sebelum jadi penyanyi dangdut, Vivi sempat ikut kompetisi Abang dan None (Abnon) Jakarta dan jadi finalis pada 1981.

Gak banyak informasi yang bisa gue dapet mengenai sosok perempuan ini, termasuk asal mula ia masuk ke dunia politik yang kabarnya sejak awal 2000-an. Tapi nih, di pemilu 2009-2014, ia berhasil masuk panggung politik dan duduk sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2009-2014 dari Dapil DKI Jakarta menggantikan Djan Faridz yang diangkat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II.

Sayang, ketika dia maju lagi saat Pemilu 2014, penyanyi yang juga aktif di Badan Musyawarah (Bamus) Betawi ini tidak terpilih. Suaminya Triyanto Saudin, yang juga merupakan tokoh lembaga persatuan tenis meja nasional, ikut memimpin posko pemenangan pencalonan istrinya.

Tapi kegagalan tak membuatnya menyerah. Tahun ini Vivi nyaleg lagi dari Partai Gerindra. Nama Vivi akan muncul di surat suara di daerah pemilihan DKI Jakarta VII yang meliputi Kecamatan Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Setiabudi dan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Pros

Kalau saat itu Vivi dipilih untuk menggantikan Djan Faridz, berarti ia cukup dipercaya untuk bisa bekerja dengan baik. Apalagi selama menjabat, ia menunjukkan sikap tegas dan kerap mengajak warga Jakarta untuk menyebar virus “Cinta Jakarta”, termasuk mempedulikan kebudayaan lokal Betawi. Bisa jadi karena ia sendiri adalah orang Betawi. Bukan cuma itu saja, banjir yang saat itu masih menjadi momok, tidak membuatnya sungkan untuk turun ke kali ikut bersih-bersih bareng. 

Saat Pilkada DKI 2017,  Vivi merupakan Ketua Relawan Cinta Anies-Sandi (CAS) dan pasangan itu menang. Entah kegiatan apa yang dilakukan CAS agar bisa menjaring suara masyarakat, tapi setidaknya paslon Gubernur dan Wagubernur saat itu melaju sukses.

Cons

Jujur nih, gak gampang ternyata ngubek-ngubek berkas online di Google. Respect buat tim TR! 

Gue cari sampai beberapa halaman mesin pencari, gak nemuin satu pun sisi negatif Vivi. Kalau mau cari video nyanyi Vivi, banyak walau dirinya enggak sepopuler pedangdut kekinian Via Vallen atau Cita Citata. Namun informasi detil akan dirinya nyaleg dan prestasi yang sudah dicapai gak terlalu tersiar. Bisa jadi media juga gak terlalu ngeh untuk menyiarkan Vivi.

Selain itu, meski Vivi punya ragam sosmed, tapi sayang tidak terlalu efektif. Facebook, Twitter, bahkan YouTube-nya, tidak update. Jadi, lagi-lagi sulit untuk melakukan penelusuran mengenai kerjanya.

Conclusion

Masih ragu nih untuk pilih Vivi Effendi. Soalnya, dari penelusuran yang gue lakuin cuma ada satu kebanggaan yakni saat ia menjadi menjabat sebagai pengganti antarwaktu (PAW). Soal rekam jejak, Vivi Effendy masih belum tercela. Setidaknya itu yang gue lihat.

*Catatan TR

Terima kasih Lusia atas partisipasinya. Kami juga pernah nih liat poster-poster Vivi Effendy dan punya kepenasaranan yang sama.

Btw, tulisannya oke loh. Gak banyak yang kami edit. Paling cuma betulin tatabahasanya saja sedikit. Isi unboxingnya mah gak ada yang diubah.

***

Kamu tidak setuju dengan penilaian penulis? Atau mau menambahkan informasi tentang caleg yang bersangkutan? Silakan tulis komentar ya.

 

Tambahan Info Dong buat Caleg Gerindra ini?

Tanggapan pendukung

fahri nanda wrote: pantang menyerah, ini ok banget
17-04-2019, 14:33
lukman irawan wrote: semangat bu, jangan pantang menyerah
17-04-2019, 14:33
henry kusumo wrote: tegas dan juga pantang menyerah, ok jg
17-04-2019, 14:25
indra cahyadi wrote: semoga sosmednya lebih aktif biar kita bisa tahu info info nih
17-04-2019, 14:17
auzy hamdi wrote: bagiin pengalamannya ke yang muda nanti bu
17-04-2019, 13:48
kathy palit wrote: muka familiar, tapi prestasinya ga kedengeran
17-04-2019, 08:55
jacky anugrah wrote: semoga negeri ini jadi makin bersih yah bu
17-04-2019, 01:57
brama bandi wrote: keren nih mau ikut turun tangan bersih bersih jakarta langsung
17-04-2019, 01:56
achmad suher wrote: mantap dong kalau susah nemuin jejak negatif nya
17-04-2019, 01:54
septiawan iwan wrote: keren bersih bersih setelah banjir
17-04-2019, 01:52
farhad idris wrote: suka banget nih sama virus "Cinta Jakarta"
17-04-2019, 01:51
maulana sigit wrote: wah jadi ngga ragu ragu nih
17-04-2019, 01:48
D C wrote: wah ok juga kalau tidak ada jejak negatifnya ya
16-04-2019, 02:57
aman nanda wrote: wah pekerja keras, semoga sukses terus mbak dalam berkarier nya
16-04-2019, 02:53
miko anugrah wrote: lanjutkan mbak, bawa kesejahteraan
16-04-2019, 02:53
beny tanjaya wrote: track record di politiknya ga dikit ternyata
15-04-2019, 21:12
Prakosa Hidayanto wrote: Semoga bisa terus bekerja keras
13-04-2019, 16:46