Ingin Pelanggan PSK Bisa Dihukum? Sahkan RUU PKS

Saat kasus artis perempuan ternama diduga terlibat dalam jaringan prostitusi online, ada pernyataan polisi yang mungkin mengejutkan buat sebagian orang. Yaitu sang artis yang diduga pekerja seks komersial (PSK) dan pelanggannya tak bisa dijerat hukum.

Faktanya memang demikian. Tak ada ketentuan khusus dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) yang bisa menjerat PSK dan pelanggannya. Berdasarkan KUHP yang saat ini berlaku, hanya muncikari yang bisa dipidana.

Nah jika RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) nanti disahkan, kondisinya akan berubah. Menurut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, RUU PKS saat disahkan nanti bisa menjerat pelanggan PSK.

“Dalam RUU Penghapusan Kekerasan Seksual itu nantinya pengguna jasa prostitusi online dapat dikenakan hukuman,” ujar Yohana seperti dikutip Kompas.com, baru-baru ini.

Sementara untuk mempidanakan PSK sendiri memang butuh kajian dan pembahasan lebih mendalam untuk masuk dalam undang-undang. Sebab, menurut Yohana, banyak kasus perempuan menjadi PSK karena posisinya korban dari keadaan ekonomi.

Namun Yohana mengakui hal ini tidaklah sederhana, bahkan dilematis saat terduga PSK berasal dari kalangan ekonomi atas. Apalagi dengan dugaan tarif layanan seks yang fantastis.

"Jadi itu mesti dikaji betul-betul siapa sebenarnya yang salah dalam hal ini. Tapi sebagai perempuan harus jaga harkat martabat. Itu adalah tugas saya untuk melindungi perempuan," kata Yohana.

Masalah lainnya saat ini adalah, RUU PKS masih belum juga disahkan DPR. Dengan berbagai kasus yang terjadi belakangan ini, pengesahan RUU PKS semakin urgen untuk melindungi warga, khususnya perempuan.

Jika Teman setuju RUU PKS mendesak untuk disahkan, kamu bisa memberikan pendapat DI SINI. Jangan lupa untuk mengawali opinimu dengan, “Saya setuju.”

Bagaimana Menurutmu?

Tanggapan pendukung

Fazal Ridwan wrote: Kalo kegiatan transaksi esek esek dijerat hukum, makin terancam keamanan wanita dari kasus pemerkosaan
08-04-2019, 14:52
Fazal Ridwan wrote: Kalo transaksi esek esek dipidana, bisa bisa nanti wanita semakin tidak terjamin keamanannya dari kasus pemerkosaan
27-03-2019, 10:52
Sindy Aritonang wrote: Ya. Supply-demand. Ada supply PSK, berarti ada demand (kebutuhan) akan PSK. makanya harus ditindak secara menyeluruh.
14-02-2019, 15:44
SYAHRULLAH - wrote: saya setuju
23-01-2019, 11:31