4 Pilar Kebangsaan, Jangan Cuma Tinggal Slogan

Nyaris satu dekade, konsep 4 Pilar Kebangsaan diperkenalkan almarhum Taufiq Kiemas, yang saat itu menjabat Ketua MPR. Setelah sempat menjadi perdebatan, 4 Pilar Kebangsaan menjadi tema yang paling sering terdengar disosialisasikan anggota DPR/MPR, dari tahun ke tahun.

Tapi kondisi masyarakat belakangan seolah bertolak belakang dengan semangat pilar kebangsaan tersebut.

Kita semakin akrab dengan khutbah-khutbah sekelompok orang yang merendahkan Pancasila. Kita semakin sering melihat demonstran meneriakkan tuntutan menegakkan sistem kenegaraan berbasis identitas agama.

Undang-Undang Dasar 1945 dibenturkan dengan aturan-aturan berlandaskan keyakinan iman. Padahal UUD 1945 sendiri tak saling meniadakan dengan aturan keimanan tersebut.

Sudah saatnya, kita tidak lagi memandang sebelah mata sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini. Sudah bukan lagi waktunya menjadikan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan sebagai rutinitas para anggota DPR/MPR semata. Kondisi sudah memaksa kita untuk kembali menghayati keempat tiang yang menyangga kebangsaan Indonesia.

Bagaimana Menurutmu?

Tanggapan pendukung

Sindy Aritonang wrote: Pilar jangan hanya jadi slogan, tetapi harus jadi "way of life" masyarakat Indonesia
14-02-2019, 15:46
Sindy Aritonang wrote: di masa ini, masyarakat hanya sudah berkutat persoalan invividualistik.. dan enggan berorientasi pada kemajuan negara
14-02-2019, 15:43
SYAHRULLAH - wrote: Wajar saja menurutku. Karena rakyat hanya berkiblat pada pemerintah. Pancasila tinggal nama karena pemerintah tidak semua berjalan sesuai pancasila dan UUD45. sila "keadilan seluruh rakyat indonesia" mana keadilannya jika hukum dimanfaatkan oleh orang tertentu, dibuatlah RUU untuk melindungi dirinya sendiri. Dana pembangunan diperas bagai kelopak bunga 15 cm atas lutut. Wajar banyak orang resah dan membangun sistem baru, bermula dari lingkungan kecil dan menjadi sumber masalah ketika sudah membesar seperti sekarang.
15-01-2019, 10:51
Rehza Donso wrote: Menurut saya pribadi sendiri sih itu mah hal yang sangat wajar di negri inii.... Gakk usahh jauh jauh banget mau mikirin 4 pillar di indonesia....... Sedangkan pancasila saja skrng udah gak terjalankan lagii.... Mana pancasilanya indonesia klau skrng indonesianya di umbang2 ke jalan yang lainn.... Herann ajh ngeliat pemerintah yg skrng yahh... Terlalu banyak teori tidak ada prakteknya... Hahahahahaaa... Klau saran sya sihh utamakan jalankan fhilosopy negara dan utamakan lagii revolusi sosial yang ada yahh....
07-01-2019, 15:14
Syamsul Syafruddin wrote: 4 pilar harus ditegakkan
02-01-2019, 13:58
Wardatul Syina wrote: Saya rasa sosialaisasi ata 4 pilar tersebut memangharus ditengakkan lagi,ditegaskan lagi karna jika terus terusan diabaikan bagai mana negara ini bisa berproses untuk kedepannya,dengan berpedoman yang sudah jelas jelas ada ,
19-12-2018, 13:27