Setujukah Kamu Soeharto “Guru” Korupsi?

Setujukah Kamu Soeharto “Guru” Korupsi?

Anggota Tim Kampanye Nasional Ahmad Basarah menyebut Presiden ke-2 Soeharto sebagai guru korupsi Indonesia.

Hal ini diutarakan menanggapi pernyataan sebelumnya dari Prabowo Subianto dalam forum internasional bahwa korupsi di Indonesia sudah mencapai stadium 4. Sedangkan Prabowo selama ini mengidentikan diri sebagai bagian dari kelompok Orde Baru (pimpinan Soeharto).

Pernyataan Basarah ini ditampik Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso. Menurut Priyo, Soeharto tak pernah terbukti melakukan korupsi. “Sampai sekarang belum ada bukti secara hukum bahwa Pak Harto melakukan korupsi,” ujar Priyo. Seperti diketahui, Partai Berkarya didirikan anak-anak kandung Soeharto.

Priyo juga mengatakan, selama hidupnya Soeharto menjalani kesehariannya dengan kesederhanaan. “Pak Harto selama ini dikenal menjalani hidup yang cukup sederhana untuk ukuran presiden yang berkuasa selama 32 tahun,” ucap Priyo.

Sementara itu, Basarah juga mengaku tak asal bunyi saat menuding Soeharto sebagai guru koruptor Indonesia. Setidaknya berdasarkan TAP MPR no. XI Tahun 1998, Soeharto adalah koruptor.

Berikut kutipan bunyi TAP MPR no. XI Tahun 1998:

“Upaya pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme harus dilakukan secara tegas terhadap siapapun juga, baik pejabat negara, mantan pejabat negara, keluarga, dan kroninya maupun pihak swasta/konglomerat termasuk mantan Presiden Soeharto …”

Masing-masing pihak mengakui peryataannya berdasarkan fakta hukum. Menurut kamu pantaskah Soeharto disebut guru koruptor?

Pilih jawabanmu

Setujukah kamu Soeharto disebut sebagai guru koruptor?

Lihat aksi lainnya