Politik Indonesia Butuh Kontriibusi Anak Muda

Politik Indonesia Butuh Kontriibusi Anak Muda

Ketua DPP PDI Djarot Saiful Hidayat mengajak anak muda untuk tidak apatis dalam urusan politik. Sebab perpolitikan Indonesia saat ini justru membutuhkan kontribusi anak muda yang bersih.

Apa yang kami pikir

Betul. Indonesia memang sedang butuh-butuhnya pasokan anak muda yang masih bersemangat, dan terutama bersih. Mengingat politik Indonesia dipenuhi politisi tua yang korup.

Tapi bagaimana kita bisa menarik kaum muda untuk memasuki bidang yang sudah kadung dilihat dengan sebelah mata? Kita harus membuat dunia perpolitikan menantang sekaligus menyenangkan untuk kaum muda.

Kalau sejak awal kamu tidak tertarik dengan dunia ini, apakah kamu mau menjalani karier politik bila mendapat kesempatan? Bagaimana dengan teman-temanmu? Apakah menurutmu mereka tertarik berkarier di dunia perpolitikan sekarang?

Langkah 1. teruskan dan beri komentar

teruskan dan beri komentar

Langkah 2. Salin di sini dan menangkan poin

Supporter's Comments

Muhammad Roky Huzaeni wrote: Justru anak muda itu yang memiliki pikiran yang kritis, pada saat ummar bin affan menjadi Khalifah ummat muslim. Saat terjadi masalah, maka dia meminta solusi pada anak muda. Karena dia tau anak muda memiliki daya fikir kritis. Jangan anggap anak mudah hanya bisa emosi. Dan jangan berpikir anak muda gak bisa apa" kita lihat saja, yang menyatukan Indonesia dengan sumpah pemuda itu siapa? Yang mendesak Soekarno memproklamasikan kemerdekaan siapa? Yang menjatuhkan orde baru siapa? Semua jelas tak jauh dari anak muda, dan sekarang anak muda harus ikut dalam politt, sebagai contoh bahwa yang muda mampu mensucikan politik
24-04-2019, 11:04
Resley wrote: Pendidikan yang telah diemban oleh para pemuda pemudi di indonesia seharusnya dapat diperluas lagi manfaatnya, tidak hanya utk diri sendri saja namun lebih bagus lagi apabila menghasilkan sebuah dampak bagi orang lain. Dengan terjunnya aktivis muda ke dalam dunia perpolitikan, seharusnya mereka dapat menggerakkan dunia politik di Indonesia ke arah yang lebih baik lagi. Saya sebagai salah satu kaum Muda di Indonesia sangat tertarik untuk ikut serta dalam dunia perpolitikan ini karena saya peduli terhadap hal yang akan terjadi kedepannha. Saya yakin kaum Muda Indonesia banyak yang bersifat kritis. Sayang sekali apabila kita sebagai kaum Muda masih belum aktif dalam menyuarakan pendapat kita semua. Kesempatan besarini janganlah disia-siakan. Belajarlah untuk berani melihat keragaman politik Indonesia yang luas ini, karena kalau bukan sekarang, kapan lagi?
08-04-2019, 14:50
Oskar wrote: Sebenarnya dinegara ini sangat banyak wadah untuk mereka ikut berpartisipasi didalam perpolitikan. Hanya saja menurut saya, sebagian besar wadah2 itu tidak terperhatikan oleh pemerintah itu sendiri. Misalnya ormas, okp, komunitas2, dan kelompok lainnya. Contoh kecil karang taruna. Apakah karang taruna berfungsi sesuai dengan fungsi nya? Aku rasa banyak yg tidak sesuai. Berawal dari organisasi disekitar mereka, dengan sendirinya akan timbul kepedulian mereka terhadap politik.
08-04-2019, 14:48
Isanulu wrote: Indonesia , merah darahku Putih tulangku
08-04-2019, 14:48
Alun wrote: sebenarnya saya bukan untuk bersifat apatis dalam sesuatu yang berbau politik, hanya saja saya takut meyakini sesuatu yang salah.
08-04-2019, 14:45
HARMONO, SH, MM wrote: Meski dalam dunia politik masih pemula, saya baru memasuki usia 40 adalah usia pemuda. Meski dikatakan Politik itu kotor namun, SAAT INI Pemuda harus terjun kedunia Politik kalau bukan sekarang kapan lagi kalau momen ini tidak dimanfaatkan hanya itu-itu saja, pemuda harus punya kretifitas tidak gampang mengeluh dengan fenomena kondisi politik yang tidak menentu disamping para pemilih sudah dibuai pesta namun kemenangan hanyalah Tuhan Bukan soal Uang tapi soal niat dan mau terjun tidak.
08-04-2019, 14:21
Hana wrote: Saya termasuk Generasi Z, dan teman-teman seumuran saya jarang sekali membahas tentang politik. Saya sendiri sebenarnya cukup bingung dengan masalah politik Indonesia ini dan tidak tahu harus mulai riset darimana, tapi dengan adanya website yang terpercaya ini saya bisa sedikitnya terbantu untuk mengetahui tentang dua kandidat ini.
08-04-2019, 14:19
Tama wrote: Saya blm punya pengalaman dipolitik, tapi ini saatnya anak muda maju dan belajar tentang politik sektor politik akan memudahkan rencana besar indonesia jika dipegang oleh orang yang bersih
27-03-2019, 10:52
Abe wrote: Saya cuma ingin indonesia menjadi lebih baik.
26-03-2019, 14:36
doel wrote: Pemuda seharusnya memang sudah sepatutnya ikut serta dan mengambil alih dunia perpolitikan saat ini, kenapa? karena seiring dengan perkembangan dunia saat ini, peran serta pemuda/pemudi amat sangat penting... demi membuat suatu gebrakan baru dalam perpolitikan negara kita yang semakin hari semakin lesuh dan kotor. regenerasi menjadi sebuah serum yang amat sangat dibutuhkan negara ini, seiring dengan ide ide dan juga pemikiran pemikiran yang lebih dinamis berani dan maju,akan menjadi obat dan hawa segar yang sangat dibutuhkan rakyat saat ini. selain itu pemuda/pemudi juga mempunyai kewajiban yang sangat besar dalam mengedukasi rakyat. khususnya mereka para pemuda yang sudah mengenyam bangku perkuliahan, kenapa? karena sudah seharusnya para sarjana sarjana negeri ini mulai mengabdikan diri mereka kepada rakyat, bukan untuk mengabdikan diri mereka kepada para kaum korporat korporat yang hanya mementingkan keuntung pribadi mereka semata saja. selain itu para pemuda juga seharusnya lebih berani dalam bersuara khususnya bersuara untuk mereka rakyat rakyat berekonomi rendah yang membutuhkan keadilan dari negeri ini, dan selayaknya kita patut malu jika kita para pemuda masih berduduk santai dan dengan nikmatnya menikmati harta orang tua, sementara mereka para rakyat berekonomi rendah harus bersusah payah dan berpikir keras, bagaimana cara mereka dapat mengebulkan dapur mereka di esok harinya. ini seharusnya menjadi tamparan keras untuk para pemuda/pemudi khususnya para mahasiswa dan sarjana, karena semakin besar dan tinggi jabatan dan pendidikannya, maka semakin besar tanggung jawab yang harus ditumpuh, bukan soal nilai ipk semata, atau tugas tugas yang dosen berikan, tapi lebih dari itu. yaitu tanggung jawab bagaimana cara kalian untuk menyuarakan keadilan serta membawa KEMAKMURAN untuk bangsa dan negara. -D- terima kasih
26-03-2019, 14:36
yoyok Prasetyo wrote: hanya satu kata... Saatnya yang Muda utk membangun bangsa ini ..
26-03-2019, 14:35
Afif wrote: Menurut saya, anak muda juga bisa berpatisipasi dalam dunia politik, kenapa? Karna anak muda mempunyai jiwa bersih yang tidak korup, sprtii pemimpin tua itu, nmun dikrnkan tidak smua dari kmi pemuda yg berjiwa pemimpin.
21-03-2019, 17:38
Chombet wrote: Saya sangat menyukai kutipan, "Politik adalah dunia dimana baik dan buruk adalah 2 hal yg tumpang tindih dan sangat sulit untuk ditebak". Artinya apa?, ketika seseorang menginjakkan kakinya di dunia politik, maka kebenaran hanyalah miliknya, seseorang tidak lagi mampu menerima kebenaran dari sumber lain. Terkait dengan keterlibatan kaum muda di kencah politik Indonesia, hal itu merupakan langkah yg baik untuk memajukan bangsa ini. Hal pertama yg perlu diketahui adalah pola pikir kaum muda masih 'segar', masih mampu di ajak bermanuver ke masa depan. Sehingga apa yg di utarakan dan dikerjakan kaum muda hari ini, adalah hasil representasi dari masa depan dan untuk masa depan. Tetapi, perlu di ketahui bahwa untuk menciptakan atmosfer politik yg bersih, perlu adanya kaderisasi sejak dini untuk menanamkan pengetahuan politik, agama, sosial, dan kultur budaya. Hal ini penting untuk menjaga agar dalam hati seorang politikus muda benar-benar memahami peranannya dalam politik.
21-03-2019, 17:37
Scanidin Dinspas wrote: ­čśÄSaatnya yang muda dilibatkan dalam politik sebagai penerus generasi bangsa,sehingga dapat berperan aktif dalam Pemilu & tidak lagi apatis terhadap politik (Apolitik).Masih besarnya angka Golput di kalangan muda,salah satu sebab karna kurangnya pendidikan politik di kalanga muda,sampai2 ada kesan,dunia politik hanyalah urusannya (Milik) politikus,partai & pemerintah.Untuk itu,mungkin kedepan perlu ada tamahan kurikulum sendiri soal pelajaran politik di sekolah menengah­čÖĆ
21-03-2019, 17:37
Alan wrote: Saya sangat menyukai kutipan, "Politik adalah dunia dimana baik dan buruk adalah 2 hal yg tumpang tindih dan sangat sulit untuk ditebak". Artinya apa?, ketika seseorang menginjakkan kakinya di dunia politik, maka kebenaran hanyalah miliknya, seseorang tidak lagi mampu menerima kebenaran dari sumber lain. Terkait dengan keterlibatan kaum muda di kencah politik Indonesia, hal itu merupakan langkah yg baik untuk memajukan bangsa ini. Hal pertama yg perlu diketahui adalah pola pikir kaum muda masih 'segar', masih mampu di ajak bermanuver ke masa depan. Sehingga apa yg di utarakan dan dikerjakan kaum muda hari ini, adalah hasil representasi dari masa depan dan untuk masa depan. Tetapi, perlu di ketahui bahwa untuk menciptakan atmosfer politik yg bersih, perlu adanya kaderisasi sejak dini untuk menanamkan pengetahuan politik, agama, sosial, dan kultur budaya. Hal ini penting untuk menjaga agar dalam hati seorang politikus muda benar-benar memahami peranannya dalam politik.
20-03-2019, 14:02
Ande wrote: Hallo, Menurut pendapat saya generasi milenial zaman sekarang perlu diikutsertakan dalam dunia politik mengingat semangat generasi muda yang membara untuk membangun tanah air tercinta sangat tinggi dan perlu adanya pemahamam politik di era modern ini. Trimakasih
20-03-2019, 14:02
Bahrun wrote: Politik merupakan presepsi yang timbul dari setiap individu,sehingga akan melahirkan sebuah gagasan yang akan memberikan kontribusi nyata dalam perjalanan bangsa,maka dari itu kaum muda harus di berikan ruang agar mampu memberikan kontribusi nyata dalam membangun sebuah tatanan negara dan sosial.
20-03-2019, 14:02
Ayu wrote: Ya benar sekali, menurut saya sekarang anak muda harus ikut berkontribusi dan berpartisipasi dalam hal politik. Jangan sampai anak muda sekarang buta politik . Dan hanya bisa mengkritik kebijakan kebijakan yang dikeluarkan, tanpa mereka tau apa tujuan politik dari kebijakan tersebut . Maka dari itu saya menyeru agar anak muda senantiasa untuk berperan serta dalam membangun bangsa Indonesia . Melalui pemahaman politik
19-03-2019, 16:56
Siapake wrote: Btw kok ini ujug2nya ke partai? Objektif apa subjektif nih jadinya
19-03-2019, 11:28
Siapake wrote: Muda? Bersih? Setiap kesempatan buruk dilakukan di masa muda menjadi aib di masa yang akan datang. Tmn saya ada yg menjadi caleg. Saya kenal dia dulu senang membantu tanpa harus menunjukan maka saya akan pilih dia nanti.
19-03-2019, 11:28
@chomar_att wrote: Sebelutnya bukan apatis sih, tapi memang terkadang di lembaga pendidikan sendiri peserta didiknya tidak di rangsang untuk melek terhadap politik. Bagaimana caranya agar peserta didik tersebut terangsang, Buka Pintu seluas-luasnya agar politik bisa masuk ke kampus.
19-03-2019, 10:29
Erick barbar wrote: Saya sebagai anak muda merasa tertantang dan ingin menentang adanya money pilitic yg malekat dan tidak bisa dirubah oleh sebagian rakyat. Mengingat bahwa money politic akan memicu kkn bahkan merusak demokrasi kita yg seharusnya mereka memilih berdasarkan hati nurani serta melihat dari visi misi kini telah diciderai suara mereka dg adanya money politic. Jadi disini saya mau meminta solusi dari kawan kawan bagaimana caranya money politic terhapuskan dalam pemilu?
15-03-2019, 10:38
Fhebrian wrote: Anak muda punya kontrobusi besar dalam penanganan sosial_ketimpangan sosial harus dihilangkan bukan hanya sebatas orasi basi saja, tapi memang betul butuh oarang -orang yang siap untuk memperjuangkananNya. Anak Muda banyak yg pro sama rakyat buktinya banyak organisasi mahasiswa berkembang yang mati-matian memperjuangkan hak-hak Rakyat
15-03-2019, 10:38
Steve wrote: Anak muda harus melek politik
13-03-2019, 13:54

Lihat aksi lainnya