Laporkan Koruptor, Rp200 Juta Menanti

Laporkan Koruptor, Rp200 Juta Menanti

Presiden Joko Widodo mengesahkan Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2018 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan Dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi pada 17 September 2018.

Berdasarkan aturan ini, masyarakat yang melaporkan adanya kasus korupsi berhak mendapat hadiah maksimal Rp200 juta. Mereka yang mempunyai informasi mengenai tindak pidana korupsi bisa menyerahkannya ke pejabat yang berwenang pada badan publik atau penegak hukum secara lisan atau tertulis disertai dokumen pendukung.

Apa yang kami pikir

Menarik. Bukan tak mungkin banyak yang mengetahui modus korupsi yang dilakukan teman atau saudara sendiri. Namun selama ini mereka berpikir tak ada untungnya melapor. Toh yang dicuri bukan uang pribadinya. Alih-alih mereka enggan melapor karena membayangkan ribetnya harus ikut proses peradilan.

Dengan hadiah maksimal Rp200 juta, bisa jadi orang-orang dekat koruptor pun tergiur melapor. Bahkan istri atau suami sendiri. Atau simpanan alias pasangan rahasia yang sakit hati karena sudah jarang bertemu. Boleh jadi kan?

Karena itu, Temanrakyat mendukung penuh PP No.43 Tahun 2018 ini.

Langkah 1. teruskan dan beri komentar

teruskan dan beri komentar

Langkah 2. Salin di sini dan menangkan poin

Supporter's Comments

Resa Efendi wrote: Peraturan yang sangat baik, karena dengan cara itu semua kalangan dapat mengawasi kinerja pejabat (ikut berpartisipasi), dan dilindungi oleh negara. Sehingga para koruptor akan berpikir ulang untuk melakukan korupsi.
13-12-2018, 18:35
Bray wrote: Bagus ini tindakan pemerintahnya semoga gak di salah gunakan,,Basmi terus koruptor sampai ke akar2nya
11-12-2018, 10:00
Masbag wrote: Yaa,, salah satu cara yg efektif untuk memperkecil niat para koruptor,, tapi jangan sampai terbalik,, para koruptor malah memberi uang yg lebih besar agar tidak di laporkan,,
04-12-2018, 17:50
Masbag wrote: Yaa,, salah satu cara yg efektif untuk memperkecil niat para koruptor,, tapi jangan sampai terbalik,, para koruptor malah memberi uang yg lebih besar agar tidak di laporkan,,
04-12-2018, 17:49
Bachtiar wrote: Mantap, karena masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam memberantas korupsi di negeri ini. Dengan ini kita juga dapat membantu kerja kpk.
08-11-2018, 11:20

Lihat aksi lainnya