Cara Keren Susi Pudjiastuti Menjaga Keindahan Laut Indonesia

Cara Keren Susi Pudjiastuti Menjaga Keindahan Laut Indonesia

Bersyukur memang tak perlu selalu melihat nasib orang lain yang lebih payah. Tapi memang banyak hal sepele buat kamu, luar biasa buat orang lain.

Seperti sesederhana kacamata renang yang mudah kamu temukan di marketplace online seharga mulai goceng, ternyata selama ini tak terbeli banyak anak pesisir negeri ini.

Entah terlalu mahal buat mereka, atau memang tak pernah ada yang berjualan kacamata renang di sekitar mereka. Hmmm... tapi masak iya sih?

Apapun itu, beruntunglah kita punya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Saking akrabnya dengan laut, beliau pun paham kehidupan pesisir sampai ke detil-detilnya.

Dalam video yang dirilis Kementerian Kelautan dan Perikanan, baru-baru ini, Susi mengisahkan pengalamannya setelah berulang kali berkunjung ke daerah pesisir Indonesia. Sering kali ia melihat anak-anak sekitar pantai hanya bisa menyaksikan para turis snorkeling berjam-jam tanpa tahu apa yang para wisatawan itu nikmati.

Bukan mereka tak bisa berenang atau menyelam. Jago malah. Masalahnya cuma satu, tak pernah punya goggle. Sehingga mereka tak pernah nyaman membuka mata lama-lama dalam air laut. “Mereka berenang tiap hari. Tapi mereka tak melihat apapun (di bawah laut). Karena mereka tak punya kacamata renang,” ucap Susi dalam video berbahasa Inggris itu.

Kondisi itu membuat Susi meluncurkan program pemerintah untuk memberikan kacamata menyelam gratis buat anak-anak pesisir.

Program ini tidak bisa dibilang sepele. Meski mungkin memang tak akan menghabiskan duit banyak, ternyata Susi memiliki visi yang jauh ke depan.

Menurut Susi, masyarakat pesisir adalah garda terdepan penjaga laut Indonesia. Tapi kalau sejak kecil tak tahu harta tak ternilai di bawah laut itu, mungkin mereka tak akan peduli menjaganya.

Maka dari itu, penting buat anak-anak pesisir menikmati bawah laut Indonesia sehingga timbul ikatan emosional yang kuat untuk menjaga kelestariannya.

“Bagaimana bisa kita meminta dan mendorong mereka menjaga keindahan dunia bawah laut, kalau mereka tak pernah melihatnya?” Demikian Susi bertanya.

Ah senangnya punya menteri sepintar bu Susi ya. Lega rasanya laut kita dikelola dan dijaga bu menteri. Kalau saja posisi menteri dipilih langsung oleh rakyat, kita akan terlihat bodoh tak memilih beliau.

Betul gak, Teman?

Bagaimana Menurutmu Langkah Susi?

Lihat aksi lainnya

Siapa yang mengendorse