Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Kita semua pasti pernah mengalami kejadian di mana foto-foto penting yang tersimpan di ponsel android kita tiba-tiba hilang. Hal ini tentu sangat menyebalkan dan mengganggu, terutama jika foto tersebut memiliki nilai sentimental atau merupakan bagian dari pekerjaan kita. Namun, jangan khawatir karena sebenarnya masih ada cara untuk mengembalikan foto yang terhapus di android. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan yang dikutip oleh 30tahunpwk.id.

Menggunakan Aplikasi Recovery Data

Ada banyak aplikasi recovery data yang dapat Anda unduh di Play Store. Salah satu aplikasi yang cukup populer dan banyak digunakan adalah DiskDigger Photo Recovery. Cara kerja aplikasi ini sangat sederhana, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut, lalu memilih jenis file yang ingin dipulihkan, kemudian aplikasi akan melakukan scanning untuk mencari file yang terhapus dan kemudian memulihkannya.

Menggunakan Google Photos

Jika Anda menggunakan Google Photos sebagai aplikasi penyimpanan foto Anda, ada kemungkinan foto yang terhapus masih dapat ditemukan di sampah atau tempat sampah Google Photos. Anda dapat membuka Google Photos, kemudian pergi ke menu ‘Sampah’ atau ‘Tempat Sampah’. Di sana, Anda akan melihat daftar foto yang dihapus dan dapat memilih foto mana yang ingin dipulihkan.

Menggunakan PC atau Laptop

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan PC atau laptop. Anda dapat menghubungkan ponsel android Anda ke PC atau laptop, lalu menggunakan software recovery data seperti Recuva atau EaseUS Data Recovery Wizard. Cara kerja software ini hampir sama dengan aplikasi recovery data di android, yaitu dengan melakukan scanning untuk mencari file yang terhapus dan kemudian memulihkannya.

Menggunakan Backup

Jika Anda mempunyai backup foto yang diambil sebelum foto-foto tersebut terhapus, maka Anda dapat dengan mudah mengembalikan foto-foto tersebut. Anda dapat melakukan backup foto melalui Google Photos atau menggunakan aplikasi backup foto lainnya seperti Dropbox atau OneDrive.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua foto yang terhapus dapat dipulihkan, tergantung pada seberapa lama foto tersebut terhapus dan seberapa sering ponsel android digunakan setelah foto tersebut terhapus. Semakin lama foto tersebut terhapus dan semakin sering ponsel android digunakan, semakin kecil kemungkinan untuk memulihkan foto tersebut.

Selain itu, setelah berhasil memulihkan foto yang terhapus, sebaiknya Anda segera menyimpan foto tersebut di tempat yang aman, seperti menyimpannya di PC atau laptop atau menyimpannya ke aplikasi penyimpanan foto yang aman dan dapat diandalkan.

Dalam hal ini, melakukan backup secara rutin adalah tindakan terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah kehilangan foto yang penting. Anda dapat melakukan backup foto secara otomatis melalui Google Photos atau menggunakan aplikasi backup foto lainnya seperti Dropbox atau OneDrive.

Dalam kesimpulannya, meskipun foto yang terhapus mungkin tampak hilang selamanya, namun masih ada beberapa cara untuk mengembalikan foto tersebut. Anda dapat menggunakan aplikasi recovery data di android, Google Photos, PC atau laptop, atau menggunakan backup foto. Atau anda bisa cek selengkapnya di viryangopi.id.